Monday, May 25, 2015

Belajar Virtual Box 3 : Cara Menambahkan Hard Disk Virtual Tambahan



Masih belajar virtualisasi, kali ini kita akan membahas tentang cara menambahkan harddisk virtual. Hal ini bertujuan agar kita bisa mengetahui cara virtual dalam menambahkan harddisk yang biasa di tambahkan real devicenya di server-server yang kehabisan media penyimpanan. Lagipula, beberapa materi kita juga ada yang membutuhkan tambahan harddisk pada sistem operasinya. 



Langsung saja, bagaimana cara nambah harddisk virtual di virtualbox. Berikut rinciannya. Pertama, kita buka virtualboxnya lalu klik pada salah satu OS yang ingin ditambahkan harddisknya. Semisal disini saya ingin menambahkan harddsik pada OS CentOS yang sudah terinstall. caranya tinggal klik pada storage.



Pada menu kiri storage, kita tambahkan disk baru pada controller sata. Lalu klik pada create new disk.


Lalu pilih hard drive tipenya. Karena kita ingin membuat virtual hard disk, maka tambahan untuk tipe hard drivenya adalah VHD (Virtual Hard Drive). Lalu jadikan physicalnya sebagai Dynamically Allocated. Sudah tau kan fungsinya apa dynamically allocated? (sudah dibahas pada pertemuan belajar virtualbox 1).


Lalu berikan size untuk tambahan virtual hard disk (penyimpanan) dengan size yang diinginkan. Berikan saja ukuran sizenya sebesar 8 Gb.


Dengan begini sistem operasi virtual Centos sudah memiliki tambahan harddisk virtual. Tidak jauh berbeda dari konsep aslinya, dengan virtual ibaratnya kita memberikan harddisk asli ke server kita.



Demikian cara singkat menambah harddisk virtual pada virtualbox. Terima kasih sudah berkunjung datang lain kali. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment