Saturday, April 25, 2015

Belajar Virtual Box 2 : Cara Sharing Data Ke VirtualBox


Kembali lagi dengan web yang selalu di nanti, kali ini saya ingin memberikan sedikit pengalaman yaitu sharing data ke virtual. Bagaimana caranya? Jika kalian ingin sharing data dari komputer ke virtual, kalian bisa menggunakan aplikasi VBoxGuestAdditions. Selain sharing data, aplikasi ini menyediakan driver dan aplikasi sistem untuk Guest OS (Sistem Operasi Di Virtual Box). Namun, hanya beberapa jenis sistem operasi saja yang disediakan.

Menambah Folder Yang Ingin Di Sharing

Untuk pertama-tama kita harus membuka virtual box dan pastikan kalian memiliki salah satu os yang ingin Di Sharekan dan sudah terinstall. Buka menu pengaturan pada Virtualbox. Disini saya menggunakan sistem operasi windows xp Lalu pilih tab shared folders dan tambahkan folder yang ingin di share. saya disini akan me-mount kan harddrive E saya. Lalu centang auto mount lalu ok.
 

Menambahkan VBoxGuest-Additions

Setelah itu pilih tab Storage dan kita ubah Cd yang digunakan untuk instalan menjadi VBoxGuest-Additions dengan cara pilih Cd Iso Instalan lalu Klik ubah dan cari cd pada "kotak merah pojok kanan atas"


VBoxGuestAdditions sudah terbawa sistem saat menginstall virtualbox letak filenya berada di file Program Files > Oracle > VirtualBox. Pilih Iso VboxGuestAddition-nya lalu open

Install VboxGuest-Additions Pada OS Virtual

Lalu start (mulai) xp-nya dan buka windows eksplorer dan Ikuti instruksi gambar di bawah. Pilih Iso-nya. Klik dua kali dan akan memulai instalasi. Ikuti step-step nya seperti menginstall program-program pada umumnya.


Saat Instalasinya selesai, pada bagian proses instalasi pilih yang reboot now, agar sistem dari aplikasinya bisa berjalan di windows xp.


Maka saat restart sudah selesai, sharing data ke virtual telah berhasil dengan bukti seperti gambar berikut. Dibawah adalah seluruh file pada Drive-E yang saya share pada windows xp di virtual. di gambar ada file belajar, document dst.


Sementara itu pada file drive-share di windows xp (virtual) folder didalamnya juga sama, hal ini membuktikan bahwa proses sharing data ke virtual telah berhasil di lakukan.


Demikian hal yang dapat saya jelaskan, jika masih belum mengerti saya masih menyediakan video untuk sharing data ke virtual machine, sebelumnya saya tutup, semoga kalian berhasil mencobanya, sampai jumpa di postingan selanjutnya.

10 comments:

  1. saya pake ubuntu. apa bisa ngikuti cara ini?

    kalo file sharing gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo linux kayanya ngga bisa, lebih prefer pake file sharing samba aja mas, nanti tinggal setup dijaringannya saja

      Delete
  2. ane udah coba pake samba masih nyoba,kalo pake ftp ftp ane error stuck di 200 sucsessfull apa lah itu agan pernah ngalamin gak udah bingung ane -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. keterangannya gimana tuh gan, bukannya ftp cuma install langsung jalan ya?

      Delete

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment