Thursday, May 16, 2019

Java Programming 2 - Membuat Project Di Netbeans

Assalamu'alaikum

Selamat malam, salam programming. Kembali lagi di pembahasan java yang kedua. Kali ini yang akan dibahas lebih ke interface penggunaan aplikasi netbeans. Dimana aplikasi ini merupakan komponen yang bisa digunakan untuk mengembangkan program java. Judul dan tema pembahasan kali ini yaitu membuat project baru di java netbeans. 

New Project

Untuk membuat new project agar kita bisa melakukan programming java pada netbeans, kita tinggal pilih new project pada tab file di pojok kiri atas aplikasi netbeans. Untuk catatan, disini saya menggunakan netbeans versi 8.0.2.


Selanjutnya, kategori project yang akan kita gunakan adalah java. Pilih folder package Java lalu pilih yang Java Application.
 

Step selanjutnya, kita berikan nama untuk projectnya. Pemberian nama project ini disarankan tidak menggunakan spasi. Untuk lokai project file nya disesuaikan dengan yang kalian inginkan.
 

Project yang sudah kita buat akan muncul di tampilan kiri layar aplikasi netbeans. Dan untuk di layar kanan adalah lembar kerja source code baik itu java atau bahasa pemrograman lainnya yang di support netbeans. Karena pada pemilihan kategori tadi kita memilih java, maka source code yang di jalankan adalah program java.
 


New File In Same Project

Nantinya, setiap kita ingin melakukan lab baru dengan pembahasan yang berbeda di setiap pertemuan. Ada baiknya jika kalian nanti tinggal buat file barunya saja berdasarkan project yang di buat diawal, yaitu project BelajarJavaDasar. Jadi kita tidak perlu membuat project baru lagi, kecuali jika memang susuai dengan kebutuhan kalian.

Untuk membuat file baru, kita tinggal pilih new file saja pada tab file.
 

Step selanjutnya, projectnya disesuaikan dengan project yang awal dibuat. Lalu pemilihan kategorinya Java dengan file types Java Main Class.
 

Selanjutnya pemberian nama classnya. Class ini akan saya jelaskan di pembahasan yang lain. Untuk nama class di sini sesuai apa yang ingin kalian program (bebas). Karena disini kita ingin testing memunculkan output Hello World, maka disini saya ingin menamai classnya Hello World.
 

Jika sudah, maka tampilan file baru akan berada di dalam direktori project yang sama sesuai dengan project yang kita buat diawal. Pada bagian atas lembar kerja, kita juga bisa memilih file project mana yang ingin kita program terlebih dahulu.
 

Membuat Output Hello World Di Java

Secara default ketika new project atau new file dibuat, pada lembar kerja biasanya akan banyak comment program (tulisan abu). Kalian hapus saja bagian comment programnya. Dan untuk membuat output hello world kita bisa menggunakan script system.out.println(""). Peletakan penulisan scripting java harus berada di dalam public static void. Kurang lebih berikut contohnya.

Public Static Void main(String[] args) {
    system.out.println("Hello World");
}
Public static void sendiri berada di dalam class dengan nama class yang kita buat di awal. Jadi pastikan betul struktur penulisan program javanya. Catatan lainnya, setiap baris program yang ingin di jalankan harus di akhiri dengan titik koma (;). Jika terdapat kesalahan pada program termasuk titik koma ini, maka netbeans akan memunculkan tampilan error ketika file program ingin di run.

Terakhir, untuk menjalankan scripting hello world yang sudah di program. Kita tinggal jalankan saja programnya dengan klik kanan pada lembar kerja lalu pilih run file (shortcutnya Shift+F6). Maka hasil dari program yang di scripting akan muncul pada tampilan bawah netbeans.
 

Demikian penjelasan mengenai pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat. Sekian dari saya, saran dan pertanyaa bisa di letakkan di komentar. Terima kasih, sampai berjumpa di pembahasan berikutnya. Salam programming!!

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment