Sunday, May 24, 2015

iSCSI Part 1 - iSCSI Target - CentOS

Topologi

Dalam implementasi kali ini kita akan menggunakan topologi berikut ini. Dimana CentOS sebagai Server dari iSCSInya (iSCSI Target) dan kedua clientnya iSCSI Initiator yaitu windows dan debian.

Tabel Address

  • iSCSI Target - CentOS : 77.77.77.1/29
  • iSCSI Initiator - Windows : 77.77.77.2/29
  • iSCSI Initiator - Debian : 77.77.77.3/29

Tujuan

Untuk mengusai dalam media penyimpanan di linux. Bahwa sistem bisa saling berbagi media penyimpanannya. Inilah yang bisa kita sebut berbagi resources. Selain itu, kita juga bisa tau cara mengkonfigurasi iSCSI. 

Konsep Dasar

iSCSI merupakan suatu metode untuk berbagi media penyimpanan di suatu server yang dimana client akan menggunakan penyimpanan server sebagai harddisknya. Hal ini bisa diartikan bahwa antara server dan client saling menghubungkan hardisk maupun data penyimpanan di sebuah jaringan.

Konfigurasi

Persiapan Konfigurasi

Sebelum mengkonfigurasi iSCSI kita sudah bisa dan harus mengkonfigurasi beberapa konfigurasi berikut ini.
  • Setting Ip Di Setiap Perangkat
  • Setting repositori di iSCSI Target di CentOS.

Menambahkan Harddisk Tambahan

Sesuai dengan judul, kali ini saya hanya akan menunjukan cara mengkonfigurasi iSCSI Target di CentOS. Untuk cara mengkonfigurasi iSCSI Initiator postingan terpisah. 

Lanjut lagi, implementasi yang akan saya gunakan disini adalah membagikan media penyimpanan harddisk ke client "dengan menggunakan harddisk tambahan pada server". Sesuai dengan hal ini, kita harus menambahkan harddisk tambahan terlebih dahulu pada server CentOSnya. Berikut link cara menambahkan harddisk tambahan Di CentOS

Sedangkan untuk menambahkan harddisknya bisa langsung memasang harddisk secara real (hardware) ke servernya langsung atau bagi yang pengguna virtualnya bisa dengan cara menambahkan harddisk virtual pada virtualbox yang sudah saya sediakan pada link cara menambahkan hard disk virtual di virtualbox

Install Aplikasi iSCSI Target

Sebelum mengkonfigurasi iSCSInya, kita install terlebih dahulu aplikasinya. Cara menginstallnya adalah dengan menggunakan perintah berikut ini. 

# yum install scsi-target-utils -y

Letak File Aplikasi iSCSI Target 

Letak konfigurasi iSCSInya, berada pada file "target.conf" di direktori "/etc/tgt" langsung saja kita edit file target.conf-nya dengan menggunakan perintah berikut ini

# vi /etc/tgt/target.conf

Konfigurasi iSCSI Target

Setelah itu, kita konfigurasi file target.conf-nya seperti gambar dibawah ini. Pada baris paling bawah tambahkan konfigurasi targetnya. Beberapa konfigurasi yang penting untuk di tambahkan adalah :
  • Target : Domain Penyama
  • Backing store : Letak Media pnyimpanan yang ingin dibagikan
  • Initiator Address : address client yang akan menggunakan jasa server kita
  • incoming user : media authentikasi untuk client yang ingin join

Restart Aplikasi iSCSI

Untuk menjalankan aplikasi sesuai dengan kondisinya, kita harus merestartnya terlebih dahulu. Gunakan perintah berikut ini untuk merestart aplikasi iSCSInya.

# service tgtd restart
# chkconfig tgtd on

Pengecekkan Konfigurasi

Ditakutkan ada kesalahan saat mengkonfigurasi, kita bisa mengecek kembali konfigurasi yang sudah kita konfig tadi dengan menggunakan perintah berikut ini.

# tgtadm --mode target --op show


Sekian cara mengkonfigurasi iSCSI target pada CentOS, dilanjutkan di postingan selanjutnya iSCSI part 2 yang sudah saya sediakan pada link berikut ini. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. terima kasih telah berkunjung.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment