Monday, November 2, 2015

Belajar VirtualBox 4 : Cara Melanjutkan VDI yang Sudah Digunakan

Assalamu'alaikum

Selamat sore, kali ini saya ingin sharing lagi tentang simulator yang satu ini. Ya, setelah sekian lama, akhirnya saya mendapat ide untuk material simulasi virtualisasi pada aplikasi yang satu ini yaitu VirtualBox. Materi kali ini berkaitan dengan yang namanya tugas sekolah. Barangkali dibeberapa sekolah ada yang dibuat kesusahan karena deepfreeze yang terpasang. Sehingga, seringkali kita harus menginstall ulang terus karena OS yang sudah kita install terhapus karena deepfreeze tersebut.

Konfigurasi

Langsung saja kita mulai setting virtualboxnya. Mungkin, kita bisa memulai dari yang satu ini. Bagi kalian yang ingin menghapus OS yang sudah diinstall pada virtualbox terlebih dahulu harus dipertimbangkan ketika muncul tampilan yang satu ini. Terdapat 2 opsi yang bisa kita gunakan untuk menghapus OS. Bedanya dua opsi tersebut adalah  
  • Delete all files adalah menghapus files VDI (hasil instalan) pada files virtualbox. Biasanya file instalan-instalan akan dimasukan ke file tersebut. File tersebut secara default berada di C:/Users/<nama user>/VirtualBox VmS. 
  • Sedangkan Remove Only adalah manghapus list OS pada virtualbox saja. Sehingga file instalan kita (VDI) tidak terhapus.

Backup Data Instalasi OS Pada VirtualBox

Lanjut lagi, biasanya apa yang kalian lakukan ketika setelah menginstall sebuah OS pada virtualbox? Kalian bisa memindahkan hasil VDI yang sudah diinstalasi ke file data atau ke flashdisk. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga, untuk mengamankan data yang kita konfigurasikan agar tidak di konfigurasi orang lain. Jika kalian sudah membackupnya, kita bisa melanjutkan VDI tersebut pada VirtualBox. Caranya.

Melanjutkan VDI Yang Di Backup

Pertama klik new OS pada virtualbox. Lalu setting nama OS, type OS dan Versinya. Dan juga setting Ram untuk OS yang akan dilanjukan.


Yang terpenting dari konfigurasinya adalah pada bagian ini. Dibagian ini kalian pilih use existing VDI (gunakan VDI yang ada). Jika sudah memilih opsi tersebut, lalu klik pada folder untuk mencari letak file VDI yang kalian backup.
 

Karen disini saya ingin melanjutkan VDI OpenSuse, maka pilih VDI tersebut lalu klik open.
 

Jika sudah, maka OS yang sudah di backup tadi sudah bisa digunakan kembali. Klik pada OS Virtualnya lalu klik start untuk memulai konfigurasi OpenSusenya.
 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai melanjutkan VDI. Saya alfa farhan undur diri, semoga anda terbiasa dengan konfigurasi menggunakan virtualisasi. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terim kasih sudah berkunjung, datang lain hari.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment