Friday, April 3, 2015

Sistem Operasi Dasar

Apa kalian sudah mengenal sistem operasi? Kebanyakan dari kita hanya tau penggunaan-penggunaan pc atau laptop tanpa mengenal apa itu sistem operasi. Bisa dibilang sistem operasi itu merupakan sistem yang berjalan pada pc seperti mesin yang sedang berjalan pada hardware.

Kalian bisa dibilang pengguna sistem operasi jika kalian bisa membaca artikel ini. Karena kalian membutuhkan perangkat dan isi dari perangkat tersebut yaitu sistem operasi untuk bisa menjalankan program web browser (mozilla atau chrome) demi membaca artikel ini. Untuk penjelasan mendetail baca dengan seksama.

Pengertian Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah program untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan dari sistem komputer. Sistem Operasi adalah software yang menjadi landasan atas suatu komputer. Sistem operasi juga bisa dikatakan penghubung antara komputer (hardware) dengan pengguna (brainware). Sistem operasi digunakan untuk Management Hardware, Management Memory, Management Software, Management Disk, Management Users, dan Management proses.

Jenis Sistem Operasi

Jenis Sistem Operasi ada banyak sekali beberapa yang saya sebutkan diantaranya. Windows, Linux, Unix, Macintosh, FreeBSD, Android, solaris, Palm, Symbian dan masih banyak lagi. diantara sistem operasi bisa di bedakan menjadi beberapa kategori. Diantaranya


  • Metode Penggunaan Sistem Operasi.

Metode penggunaan Sistem Operasi ada dua yaitu GUI (Graphical Users Interface). GUI biasa digunakan oleh kita sebagai pengguna komputer dalam menikmati program atau software. GUI ini berbentuk desktop yang lebih mudah digunakan seperti windows, linux desktop dan sistem operasi lainnya. Contohnya :



metode kedua yaitu CLI (Command Line Interface). Bentuk dari CLI sendiri adalah berbasis teks yang memerlukan sintaks dan kode untuk menjalankannya. Biasanya pengguna sistem operasi ini adalah server atau networking. Sistem operasi yang digunakan biasanya seperti Debian, Ubuntu server, mikrotik dan lain-lain. Contohnya :




  • Kode Source Sistem Operasi

Sistem Operasi itu dibuat dan dikembangkan dengan kode-kode program yang biasa disebut kode source. letak kode source itu sendiri ada yang di buka (open source) dan ada yang ditutup (close source). Bagi para programer yang ingin mengembangkan sistem operasi biasanya memilih open source, kenapa? karena dia bisa mengetahui isi dari source kode sistem operasi tersebut. contoh dari open source Unix, Minix, BSD, GNU Linux, Sun solaris, Fedora, Linux Ubuntu, Backtrack dan os-os lainnya. Contoh dari Close Source adalah Microsoft windows.

Sekarang kalian sudah mengerti apa itu sistem operasi bukan? Kalau begitu hanya itu perjumpaan kita sampai disini, jika masih belum mengerti silahkan ditanyakan di komentar. terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment